A.
Pengertian Komunikasi
Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan (message) dari seseorang yang bertindak sebagai komunikator atau pengirim pesan kepada orang lain yang bertindak
sebagai komunikan atau penerima pesan untuk memperoleh umpan balik (feedback).
Gambar 1. Proses Komunikasi
B. Unsur-unsur
Komunikasi
Unsur-unsur yang terlibat dalam proses komunikasi
ialah sebagai berikut :
1.
Pengirim pesan (komunikator)
Semua
peristiwa komunikasi akan melibatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim
informasi yang mengawali terjadinya komunikasi. Dalam komunikasi antarmanusia,
sumber bisa terdiri dari satu orang, tetapi juga bisa dalam bentuk kelompok
misalnya, partai, organisasi, atau lembaga.
2.
Pesan
Pesan
yang dimaksud dalam proses komunikasi adalah sesuatu yang disampaikan pengirim
kepada penerima. Pesan tersebut dapat berupa informasi, ilmu pengetahuan,
nasihat, maupun perintah.
3.
Penerima pesan (komunikan)
Penerima
pesan adalah pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber
(komunikator). Penerima bisa terdiri dari satu orang atau lebih, bisa dalam
bentuk kelompok, partai atau negara.
4.
Media Komunikasi
Media
yang dimaksud disini ialah alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dari
sumber kepada penerima. Media komunikasi dapat berupa indera manusia, surat,
telepon maupun telegram.
5.
Pengaruh
Pengaruh
atau efek adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan
oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh bisa juga diartikan
sebagai perubahan atau penguatan keyakinan pada pengetahuan, sikap dan tindakan
seseorang sebagai akibat penerimaan pesan.
6.
Umpan balik (feedback)
Umpan
balik merupakan bentuk dari pengaruh yang berasal dari penerima pesan. Umpan
balik ini juga merupakan hasil dari pesan yang disampaikan pengirim pesan
kepada penerima. Umpan balik ini hasilnya juga tidak selalu sama persis seperti
yang disampaikan oleh pengirim yang tergantung dari pemahaman penerimanya.
C. Tujuan
Komunikasi
Tujuan dari adanya suatu proses komunikasi ialah
sebagai berikut :
1.
Agar pesan yang disampaikan komunikator
dapat dimengerti olah komunikan.
2.
Menciptakan pemahaman bersama antara
komunikator dan komunikan yang dapat mengubah persepsi maupun perilaku.
3.
Agar dapat menggerakkan orang lain untuk
melakukan sesuatu.
D. Fungsi
Komunikasi
Fungsi dari adanya suatu proses komunikasi ialah
sebagai berikut :
1.
Menyampaikan informasi dari komunikator
kepada komunikan.
2.
Mempengaruhi orang lain.
3. Menolong seseorang untuk dapat memenuhi
kebutuhan intrapersonal maupun interpersonalnya.
E. Proses
Komunikasi
Dalam
proses komunikasi komunikator mempunyai maksud yang akan disampaikan kepada
komunikan berupa suatu pesan. Agar pesan tersebut dapat diterima komunikan
dengan baik komunikator harus
menterjemahkan pesan tersebut menjadi simbol-simbol (proses
encoding) yang selanjutnya disebut pesan (message).
Pesan tersebut disampaikan melalui saluran (channel)
tertentu misalnya dengan bertatap muka langsung, telepon, surat, dst. Setelah
pesan sampai pada penerima, selanjutnya terjadi proses decoding,
yaitu menafsirkan pesan tersebut. Setelah itu terjadilah respon pada penerima
pesan
dimana respon tertuju
pada pengirim pesan.
Bagan 1. Proses Komunikasi
F. Media
Komunikasi
Media komunikasi adalah suatu alat atau
sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan.
Jenis media yang dominan dalam berkomunikasi adalah pancaindera manusia seperti
telinga dan mata. Media juga merupakan jendela yang memungkinkan kita untuk
dapat melihat lingkungan yang lebih jauh. Media komunikasi dapat dijelaskan
pula sebagai sebuah sarana yang dipergunakan sebagai memproduksi, reproduksi,
mengolah dan mendistribusikan untuk menyampaikan sebuah informasi.
G. Fungsi
Media Komunikasi
1. Efektifitas:
media komunikasi sebagai sarana untuk mempermudah dalam penyampaian informasi.
2. Efesiensi:
media komunikasi sebagai sarana untuk mempercepat dalam penyampaian informasi.
3. Konkrit:
media komunikasi sebagai sarana untuk membantu mempercepat isi pesan yang
mempunyai sifat abstrak.
4. Motivatif:
media komunikasi sebagai sarana agar lebih semangat melakukan komunikasi.
H. Tujuan
Media Komunikasi
1. Membantu
menafsirkan informasi dari komunikator kepada komunikan.
2. Melandasi
penyampaian informasi.
3. Menjadikan
komunikasi lebih interaktif.
1.
Jenis media komunikasi berdasarkan
fungsinya
Fungsi produksi – media komunikasi
yang berguna untuk menghasilkan berbagai macam informasi, Misalnya: PC/Komputer
pengolah kata (Word Processor).
a. Fungsi
reproduksi – media komunikasi yang berguna untuk memproduksi ulang dan
menggandakan informasi, Misalnya: Audio tapes recorder serta Video tapes.
b. Fungsi
Penyampaian informasi – media komunikasi yang berfungsi untuk komunikasi yang
digunakan untuk menyebarluaskan serta menyampaikan pesan kepada komunikan yang
menjadi sasarannya, Misalnya: Hand phone, Telephone, Faximile, dsb.
2.
Media komunikasi berdasarkan
bentuknya
a. Media cetak adalah berbagai macam barang yang di
cetak, yang dimana dapat digunakan sebagai sarana penyampaian pesan informasi,
seperti contohnya: surat kabar/koran, brosur, bulletin dsb.
b. Media Audio adalah penerimaan informasi yang
tersampaikan dengan menggunakan indra pendengaran, seperti contohnya: Radio
dsb.
c. Media visual (media yang di pandang) adalah penerimaan
pesan informasi yang tersampaikan menggunakan indra penglihatan, misalnya: TV,
foto dsb.
d. Media audio visual adalah suatu media komunikasi yang
dapat dilihat sekaligus didengar, jadi untuk mengakses pesan informasi yang
disampaikan, digunakan indra penglihatan dan indra pendengaran, seperti
contohnya : Televisi, video dsb
3.
Berdasarkan jangkauannya
a.
Media komunikasi eksternal
Media komunikasi eksternal adalah suatu media komunikasi yang
digunakan untuk menjalin hubungan dan menyampaikan pesan informasi dengan
pihak-pihak luar. Seperti contohnya:
1) Media komunikasi tercetak atau tertulis dimaksudkan
untuk menjangkau publik eksternal seperti konsumen, pelanggan, mitra kerja,
pemagang saham dan sebagainya. Misalnya seperti makalah perusahaan, brosur,
bulletin. Media eksternal yang dicetak ini memiliki fungsi sebagai media
penghubung, sebagai sarana menyampaikan keterangan, media pendidikan, sarana
untuk membentuk opini masyarakat, sarana untuk membangun citra, dll.
2) Radio yaitu alat elektronik yang dapat digunakan
sebagai media komunikasi serta informasi yang termasuk media audio yang hanya
dapat memberikan rangsangan pendengaran saja. Melalui alat ini orang bisa
mendengarkan siaran tentang berbagai peristiwa tang terjadi, kejadian penting
yang terbaru, masalah-masalah dalam kehidupan maupun acara hiburan.
3) TV/Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran
bergambar. Kata televisi sendiri berasal dari kata tele dan kata vision, yang
memiliki arti jauh (tele) serta tampak (vision). Jadi televisi dapat di artikan
tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Untuk menyampaikan pesan informasi
kepada masyarakat melalui siaran televisi dapat dipakai dengan memasang iklan,
mengundang wartawan ataupun reporter televisi supaya memuat berita tentang
kegiatan atau dapat pula mengajukan permohonan untuk mengisi suatu acara siaran
di TV.
4) Telepon yaitu sebagai media komunikasi, telepon
sangatlah penting untuk menyampaikan serta menerima berbagai informasi lisan,
secara cepat dengan pihak publik eksternal.
5) Telephone Seluler (Handphone) yaitu merupakan salah
satu dari perkembangan teknologi dengan kecanggihan teknologi zaman ini, fungsi
handphone tidak hanya sebagai alat komunikasi saja tetapi juga dapat mengakses
jaringan internet, sms, mms dan dapat saling mengirimkan data. Dengan semakin
berkembangnya teknologi handphone, maka akan semakin membantu publik dalam
melakukan berbagai aktivitas, sebab sekarang handphone dapat dikatakan sebagai
identitas seseorang.
6) Surat adalah media penyampaian informasi secara
tertulis, dapat berupa surat konvensional maupun elektronik. Surat-menyurat
merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting diperusahaan. Banyak sekali
informasi yang keluar masuk perusahaan melalui media ini, sebab surat merupakan
media komunikasi yang sangat efektif jika yang terkait tidak dapat berhubungan
secara langsung atau secara lisan.
7) Internet adalah Jaringan komputer yang terhubung
secara luas dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Jaringan ini meliputi jutaan
komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan
jaringan telepon ( baik kabel maupun wirelles/tanpa kabel). Fungsi media ini
diantaranya mudah, cepat dan juga murah dalammenyampaikan informasi dengan
jangkauan dunia. Internet menyediakan beberapa aplikasi yang bisa dipakai oleh
para peggunanya. Misal seperti: Chatting, Email, web, dll.
b.
Media komunikasi internal
Media komunikasi internal adalah semua sarana penyampaian dan
juga penerimaan pesan informasi dikalangan publik internal, dan biasanya
bersifat non-komersial. Penerima maupun pengirim informasi yaitu orang-orang
publik internal. Media yang dapat digunakan secara internal antara lain,
seperti: Surat, telephone, papan pengumuman, house jurnal (Majalah Bulanan),
printed Material ( Media komunikasi cetakan), media Pertemuan dan pembicaraan,
dll.
mantap soul :)
BalasHapus