Kamis, 11 Mei 2017

Desain Pamflet Keselamatan Berkendara

di Mei 11, 2017



DESAIN PAMFLET
    A.   Definisi Pamflet
Pamflet merupakan sebuah tulisan yang berisi tentang suatu informasi yang terdiri dari tulisan termasuk gambar didalamnya yang umumnya dibuat pada selebaran dan tidak dijilid atau dibukukan.
   B.     Karakteristik Pamflet
1.      Menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas
2.      Bersifat persuasive
3.      Ditulis dengan jelas
4.      Hal-hal yang disampaikan biasanya mengenai hal-hal baru atau ter-update.
    C.     Desain Pamflet 

Gambar Desain Pamflet 

    D.    Identifikasi Desain
1.   Desain pamflet ini dibuat dengan tema “Cegah Anak Mengendarai Motor” yang disingkat dengan “CAMOT”, penyingkatan tema dengan kata CAMOT memungkinkan orang untuk tetap mengingat kata ini karena unik dibalik maknanya sebagai himbauan orang untuk tidak memperbolehkan anaknya yang berusia kurang dari 17 tahun untuk mengendarai motor.
2.    Tulisan CAMOT dibuat dengan ukuran font lebih besar daripada tulisan lain dengan maksud menarik perhatian pembaca sehingga mereka pun memiliki rasa ingin tahu tentang CAMOT.
3.  Tulisan CAMOT ini dibuat dengan font colour hitam karena warna hitam dapat memberikan kesan keteguhan dan dapat menyerap cahaya dalam spektrum warna sehingga ketika orang membaca tulisan CAMOT maka tatapannya akan dapat tertuju pada tulisan tersebut.
4.  Dalam Tulisan CAMOT pun pada huruf O dibuat suatu simbol larangan anak mengendarai sepeda motor dengan simbol ini diharapkan pembacanya dapat tetap mengingat simbol ini, karena daya ingat seseorang akan lebih kuat untuk mengingat objek berupa gambar ataupun simbol daripada tulisan. Simbol ini pun dibuat   berwarna merah karena warna merah  dapat memicu tingkat emosional seseorang sekaligus warna yang paling sering menarik perhatian, yang diharapkan dari simbol larangan ini dapat tetap diingat oleh pembacanya
5.   Di bawah tulisan CAMOT dibubuhkan tulisan “Cegah Anak Mengendarai Motor” sebagai penjelasan apa itu CAMOT. Pada tulisan ini kata “cegah” dan motor” dibuat berwarna merah karena sebagai penegasan untuk mencegah anak mengendarai sepeda motor, disamping itu warna ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga mampu menstimulasi seseorang menjadi lebih aktif yang diharapkan terdapat aksi dari pembacanya untuk melakukan yang sesuai dengan pesan yang terkandung di dalamnya.
6.  Dalam desain pamflet ini juga dibubuhkan simbol 17 centang (checklist) dengan maksud yang boleh mengendarai sepeda motor ialah yang berusia minimal 17 tahun yang dibuktikan dengan adanya Surat Izin Mengemudi (SIM), disamping itu juga dibubuhkan simbol helm yang ber-SNI sebagai syarat berkendara yang berkeselamatan.
7.     Pemilihan gambar pada pamflet ini diilustrasikan ketika orang dewasa mengendarai sepeda motor dengan membonceng seseorang yang usianya lebih muda darinya sebagai ilustrasi penerapan contoh yang sesuai dengan tema pamflet.

8. Latar belakang pamflet ini merupakan jalan yang dilengkapi dengan fasilitas pelengkap jalan seperti lampu penerangan jalan, marka maupun trotoar sebagai percontohan jalan yang berkeselamatan. Pada latar belakang ini pula disominasi warna hijau tosca karena hasil dari penelitian menunjukkan bahwa warna hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca sehingga diharapkan pembaca pamflet ini tertarik untuk membaca pamflet.
9.  Dalam pamflet ini juga diberikan slogan “Menuju Indonesia Tertib” dan slogan “Bersatu Keselamatan No.1” untuk mendukung aksi “Cegah Anak Mengendarai Motor”
10. Selain slogan tersebut juga diterangkan pula dasar hukum yang memperkuat maupun mendukung aksi “Cegah Anak Mengendarai Motor” yang tertera pada pasal 281 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.
11. Dalam pamflet ini juga diberikan identitas yang mengeluarkan pamflet yaitu Kementerian Perhubungan, Aksi Keselamatan Indonesia dan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan. 
    E.     Tujuan Pamflet
Untuk mempersuasi Orang Tua Mencegah Anaknya yang berusia kurang dari 17 Tahun untuk mengendarai motor tanpa pengawasan orang dewasa.
    F.      Sasaran Pamflet
Ditujukan Kepada Para Orang Tua Yang memiliki anak usia kurang dari 17 Tahun.
    G.    Cara Penyampaian Pamflet
Disebarluaskan Kepada Masyarakat di tempat-tempat vital (penting) seperti kantor pelayanan publik maupun pusat perbelanjaan  yang menciptakan suatu keramaian 
    H.    Latar Belakang Pemilihan Tema
a.   Para pelajar yang jika dilihat dari sisi usianya masih di bawah umur. Mereka belum memiliki surat izin mengemudi (SIM). Tetapi sudah mengendarakan motor (REPUBLIKA.CO.ID).
b.      Persentase Kecelakaanyang disebabkan “Tidak Memiliki SIM”sebesar 40%.
c.      Usia 10-16 Tahun sebagai penyumbang 7,15 % Pelaku Kecelakaan Lalu lintas di Jalan.
d.      Pelajar menjadi mayoritas yang terlibat dalam kecelakaan sepeda motor.
Dari latar belakang tersebut di atas maka diperlukan pentingnya himbauan kepada orang tua untuk mengizinkan anaknya yang berusia di bawah 17 tahun untuk mengendarai kendaraan bermotor dalam hal ini sepeda motor mengingat bahaya dari mengendarai sepeda motor dari kalangan anak di bawah 17 tahun.




0 komentar:

Posting Komentar

Jalan Khusus Wanita Di London

Dilansir dari  Liputan6.com,   di London ada jalan pink khusus untuk pengguna jalan wanita lo teman.. apa sih jalan khusus wanita ini? ...

 

Hello Transport Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea