Jumat, 12 Mei 2017

Teknologi Transportasi

di Mei 12, 2017





Glow In The Dark Gagasan Smart Road di Belanda

Amsterdam, Kompas Otomotif – Teknologi baru untuk meningkatkan keselamatan dan menghemat energi mulai merambah infrastruktur sebagai gagasan smart road di dunia. Di Belanda, diciptakan marka yang akan menyala saat malam hari (glow in the dark) yang diimplementasikan  pada pertengahan tahun 2013. Konsep marka jalan bercahaya ini dimaksudkan  untuk meningkatkan visibilitas dan keselamatan di jalan serta mengurangi penggunaan listrik di jalan-jalan. Penanda jalan ini mengandung bubuk phosphorescent dan sudah diuji coba di ruas jalan N329 di dekat kota Oss, Belanda. Sekitar 500 m marka jalan tersebut sudah dicat menggunakan cat glow in the dark.

 
Konsep desain smart-road ini di desain oleh Studio Roosegaarde dan infrastruktur oleh kelompok manajemen Heijmans. Studio Roosegaarde telah mengembangkan sebuah bubuk photo-luminising yang akan digunakan sebagai pengganti marka jalan yang dicampurkan ke dalam cat dan memancarkan cahaya hijau dalam gelap. Bubuk ini tidak akan menggunakan listrik, melainkan akan mendapatkan energi dari sinar matahari, energi dari sinar matahari tersebut mampu memberi tenaga sampai dengan 10 jam pada saat malam. Jadi dari perkembangan tekologi ini pula juga dapat menghemat penggunaan energi listrik.


Daan Roosergade, sang perancang konsep mengatakan bahwa sudah saatnya untuk mengembangka  jalan menjadi  jalan “pintar” dan berguna bagi pengguna jalan, khususnya dalam memberi informasi. Dalam hal ini pula ketika kita berkendara di jalan kita sangat membutuhkan informasi. Marka jalan sebagai salah satu fasilitas perlengkapan jalan yang fungsinya memberikan informasi kepada pengguna jalan akan batas-batas jalan yang didesain untuk menciptakan keselamatan berkendara bagi penggunanya. Salah satu perkembangan teknologi yang mendukung hal tersebut ialah marka glow in the dark ini, harapannya teknologi ini juga dapat diimplementasikan pula di Indonesia sebagai perkembangan teknologi transportasi sehingga terwujudnya pelayanan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang aman, selamat, tertib, lancar, dan terpadu dapat dicapai. 




0 komentar:

Posting Komentar

Jalan Khusus Wanita Di London

Dilansir dari  Liputan6.com,   di London ada jalan pink khusus untuk pengguna jalan wanita lo teman.. apa sih jalan khusus wanita ini? ...

 

Hello Transport Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea